Sedang Ramai
Loading...
Sejarah Piala Asia Pertama 1956
Pemain Nomor 9 Korea Selatan, Kim Hong Bok, berduel dengan bek Hong Kong di Government Stadium, Hongkong, pada 6 September 1956.
(Sumber: KFA)


Jurnalolahraga.id - Babak baru sepakbola Asia dimulai pada 1 September 1956, tepat saat kick-off perdana AFC Asian Cup antara tuan rumah Hong Kong vs Israel.


Bagaimana kisahnya?


Dalam buku AFC Asian Cup History terbitan AFC dijelaskan, saat itu kompetisi diikuti 4 Timnas dengan sistem round-robin (saling temu satu sama lain).


Pesertanya yakni Hongkong (Tuan Rumah), Korea Selatan (Wakil Zona Timur), Vietnam Selatan (Wakil Zona Tengah), dan Israel (Wakil Zona Barat).


Babak Kualifikasi


Kualifikasi melibatkan 20 peserta yang dibagi berdasar tiga zona geografis: Tengah, Timur, dan Barat. Untuk mencari pemenang, laga penyisihan ini menggunakan sistem gugur kandang tandang.


Dibanding turnamen kualifikasi internasional modern, kualifikasi Piala Asia edisi perdana tersebut berjalan kacau. Sebanyak 12 tim yang mendaftar menolak bermain atau menarik diri tanpa ikut main.


Zona Barat paling terdampak oleh penarikan diri, di mana tidak ada satupun pertandingan digelar.


Israel lolos secara otomatis setelah semua negara di zona barat menarik diri. Mereka diberitahu oleh AFC bahwa Pakistan dan Afghanistan menolak jadi tuan rumah, sementara Burma, India, Iran, dan Nepal, semua menarik diri.


Vietnam Selatan lolos dari Zona Tengah, mengalahkan Malaya dan Kamboja, sementara Thailand mengundurkan diri.


Sejarah Piala Asia Pertama 1956
Hasil Kualifikasi Piala Asia 1956 Zona Tengah.
(Sumber: AFC)


Adapun Korea Selatan, yang sebelumnya telah mewakili Asia di Piala Dunia 1954 di Swiss, memenangkan laga kandang dan tandang melawan Filipina dan Taiwan di kualifikasi Zona Timur.


Sejarah Piala Asia Pertama 1956
Hasil Kualifikasi Piala Asia 1956 Zona Timur.
(Sumber: AFC)


Putaran Final Piala Asia 1956


Sebanyak 30.000 penonton jadi saksi jalannya laga di Government Stadium yang kini berganti nama menjadi Stadion Hong Kong 


Pemain Hong Kong, Au Chi Yin, mencatatkan nama sebagai pencetak gol pertama. Kegembiraan tuan rumah tidak berlangsung lama, Yehoshua Glazer dari Israel bikin skor imbang di menit ke-37.


Au Chi Yin kembali membawa Hong Kong unggul setelah satu jam pertandingan, tetapi 10 menit berselang Nahum Stelmach menyamakan kedudukan.


Glazer mencetak gol penentu kemenangan Israel pada menit ke-76, mengakhiri harapan Hong Kong untuk meraih kemenangan bersejarah.


Berikut hasil semua pertandingan Final Piala Asia 1956.


Sejarah Piala Asia Pertama 1956
Hasil Piala Asia 1956.
(Sumber: AFC)


Sejarah Piala Asia Pertama 1956
Korea Selatan merayakan kemenangan selepas memenangkan Piala Asia 1956.
(Sumber: KFA)


Korea Selatan dinobatkan sebagai juara pertama Piala Asia AFC.


Sejarah Piala Asia Pertama 1956
Timnas Korea Selatan berfoto dengan Presiden setelah memenangkan gelar Piala Asia 1956.
(Sumber: KFA)