Sedang Ramai
Loading...
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo. (Sumber: Kemenpora)


JAKARTA, JURNALOLAHRAGA.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, mengekspresikan harapannya bahwa ajang F1 Powerboat di Danau Toba 2024 akan menjadi momentum penting untuk mencetak pebalap nasional melalui Akademi Aquabike dan F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.


Menpora Dito menyampaikan aspirasinya saat menjadi narasumber dalam Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) sebagai persiapan F1 Powerboat Danau Toba 2024 dari Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, pada Sabtu (24/2/2024).


Dalam forum tersebut, dia berbicara bersama Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dan Direktur Pemasaran Injourney Maya Watono.


"Dampak positif dari perhelatan F1 Powerboat tahun lalu terlihat melalui side eventnya, yakni Kejurnas Aquabike yang tahun ini diikuti oleh 26 peserta dari Indonesia. Ini menunjukkan peningkatan signifikan dari sebelumnya, di mana hanya terdapat 4 pembalap Indonesia dalam ajang tersebut," ujar Menpora Dito, dikutip dari laman resmi Kemenpora.


"Tahun ini, kami telah mencapai kesepakatan dengan H2O Racing, Kemenpar, Injourney, dan Kemenpora terkait pendirian Akademi Aquabike dan Powerboat di Balige. Target kami adalah memiliki pebalap Indonesia yang dapat bersaing di kelas F1 Powerboat sebelum tahun 2027, dan saya optimis bahwa mulai tahun depan, akan ada pebalap tetap di kelas Aquabike," tambahnya.


Menpora Dito juga menegaskan bahwa F1 Powerboat Danau Toba 2024 tetap akan menghadirkan olahraga tradisional dayung, konsep sport tourism, dan hiburan melalui penampilan band-band nasional.


Sementara itu, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo juga menyampaikan bahwa Danau Toba telah mendapatkan pengakuan dari media internasional, termasuk The New York Times yang menyebutnya sebagai salah satu destinasi wajib dikunjungi pada tahun 2024.


Hal ini menunjukkan potensi besar Danau Toba sebagai destinasi pariwisata global.


F1 Powerboat Danau Toba 2024 dijadwalkan berlangsung pada tanggal 2-3 Maret 2024 dengan partisipasi 18 pebalap dari lebih dari 10 negara, serta 200 kru pendukung dari berbagai belahan dunia.

Acara ini juga diproyeksikan akan ditonton oleh 180 juta penonton di seluruh dunia.