Sedang Ramai
Loading...

IFAB telah menambah aturan penggantian pemain akibat cedera kepala untuk Law of The Game 2024/25 yang berlaku mulai Juli 2024.
Ilustrasi cedera kepala. (Sumber: Sky Sports)

Rangkuman:

IFAB telah menambah aturan soal perggantian pemain akibat cedera kepala di Law of The Game 2024/25 yang berlaku mulai 1 Juli 2024.

 

Pergantian pemain akibat cedera kepala menjadi opsi, penerapan aturan diserahkan ke penyelenggara kompetisi.

 

Protokol ini memungkinkan tim untuk mengganti pemain yang mengalami cedera kepala tanpa memperhitungkan kuota pergantian pemain.

 

Sinbins, di mana pemain diusir selama 10 menit seperti dalam rugby, masih dalam tahap uji coba.

 

Uji coba batas waktu kiper pegang bola diperpanjang menjadi delapan detik. Aturan resmi saat ini masih 6 detik.


JURNALOLAHRAGA.ID - Pada 4 Maret 2024, para pembuat kebijakan sepakbola telah menyetujui serangkaian perubahan aturan jelang musim 2024/25. Kebijakan baru ini akan berdampak pada semua liga utama di seluruh dunia.


Penggantian pemain akibat cedera kepala ditambahkan ke dalam Law of The Game, tetapi penerapannya masih menjadi opsi, tergantung penyelenggara kompetisi.


Perubahan ini diumumkan oleh International FA Board (IFAB) usai menggelar rapat umum tahunan di Skotlandia sejak Sabtu (2/3/2024).


Dalam pertemuan tersebut, topik cedera kepala menjadi salah satu bahasan utama.


"Mengenai perggantian pemain akibat cedera kepala, uji coba yang telah kita lakukan berakhir efektif. Sekarang itu dijadikan sebagai bagian dari Law of The Game," ujar Ian Maxwell, CEO Scottish FA.


"Akan tergantung pada kompetisi untuk menentukan apakah mereka ingin menggunakan aturan ini sesuai protokol."


Protokol tersebut memungkinkan sebuah tim untuk mengganti pemain yang mengalami cedera kepala tanpa mempertimbangkan kuota pergantian pemain.


Di sisi lain, Sinbins (Kartu Biru), di mana pemain diusir selama 10 menit seperti dalam olahraga rugby, juga menjadi topik diskusi.


CEO FA Inggris Mark Bullingham mengatakan protokol Kartu Biru tersebut masih dalam tahap penyempurnaan di level grassroots.


Uji coba lainnya, batas waktu untuk kiper memegang bola juga diperpanjang menjadi delapan detik. Hukum saat ini memungkinkan mereka memegang bola selama enam detik.


"Kami melihat tren pemborosan waktu dalam permainan," kata Maxwell.


"Ini tentu saja merupakan situasi yang sulit bagi wasit untuk mengelolanya dengan Law of The Game saat ini. Wasit biasanya enggan memberi hukuman."


Perubahan Law of The Game Sepakbola 2024/25

Berikut beberapa perubahan Law of The Game 2024/25 yang akan berlaku mulai 1 Juli 2024.


  • Law 3 (The Player):
    Pergantian pemain akibat cedera kepala akan menjadi opsi kompetisi sesuai protokol.

  • Law 3 (The Player) dan Law 4 (The Players Equipment):
    Setiap kapten tim wajib mengenakan ban kapten

  • Law 4 (The Players Equipment):
    Pemain bertanggung jawab atas ukuran dan kesesuaian pelindung kaki mereka. Ini tetap menjadi bagian wajib dari perlengkapan mereka.

  • Law 12 (Foul and Misconduct):
    Pelanggaran handball yang tidak disengaja akan diperlakukan sama seperti pelanggaran lainnya.

  • Law 14 (The Penalty Kick):
    Sebagian dari bola harus menyentuh atau melampaui tengah titik penalti, dan pelanggaran oleh pemain atas aturan ini hanya akan dikenai hukuman jika berdampak pada laga.


Source: IFAB